wow, mengerjakan PR ternyata bermanfaat lho

Hayooo…ngaku siapa yang malas mengerjakan PR? Kawan, pasti kamu sering merasa sebal kalau guru atau dosen ngasih PR atau tugas. Kebanyakan siswa dan mahasiswa cenderung malas untuk mengerjakan tugas-tugas itu. Ya kan? Hehehe. Kebiasaan yang sering kita lihat adalah mengerjakan PR di sekolah, pagi-pagi sebelum bel masuk kelas. Alasannya karena mereka malas dan berpikir, jalan keluarnya ya menyontek pekerjaan teman sekelasnya yang rajin mengerjakan PR. Tapi tahu nggak kawan, kalau mengerjakan PR itu adalah kewajiban dan mempunyai banyak manfaat lho. Simak ya! :)


1. Membuat Rajin
Nah, waktu kamu mengerjakan PR, rasa malas sedikit demi sedikit akan berkurang lho. Percaya deh, kamu bisa menjadi seorang yang rajin kalau membiasakan diri mengerjakan PR, yah walaupun dipaksa. Eits, efeknya  sangat besar  kalau kamu nanti dewasa dan bekerja di suatu perusahaan besar.

2. Manajemen Waktu
Manfaat selanjutnya nih, kalau kamu mengerjakan PR adalah otomatis kamu terbiasa dalam membagiwaktu. Kapan harus bermain, belajar, mengerjakan PR dan melakukan aktivitas lainnya. Dengan begini, kamu bisa memiliki manajemen waktu yang baik.

3. Mengembangkan Kemampuan Baca Tulis
Yup, memang kelihatan simpel tapi bener-bener penting , kawan! Contohnya kalau selama liburan nggak dikasih PR, pasti pas masuk sekolah tangan kamu kaku dan efeknya tulisan jadi agak jelek dari biasanya. Nah sama hal nya dengan membaca, kalau kamu sudah sering membaca soal pastinya akan mudah mengerti maksud setiap soal. Waktu ujian, kamu merasa tenang sebab sudah terbiasa membaca soal-soal di dalam PR. Apalagi yang suka baca soal-soal bahasa asing Bahasa Inggris dan lainnya, dijamin pengetahuan dan grammar kamu bertambah.

4. Orang Tua Berpikir Positif
Kalau kamu nggak ngerjain PR pasti orang tua akan khawatir dengan beberapa alasan. Pertama, takut anaknya menjadi malas. Kedua, takut guru nggak memiliki tanggung jawab untuk memberi PR. Ketiga, takut kalau anaknya akan berbohong jika ditanya ada PR atau nggak – si anak menjawab nggak ada, padahal ada PR yang harus dia selesaikan. Pas penerimaan rapor, si anak mendapat nilai yang jelek. Jadi kerjakanlah PR, jadi ortu kamu tahu bahwa kita adalah anak yang baik dan selalu positive thinking sama kamu.

5. Membentuk Diri yang Bertanggung Jawab
Kita tahu mengerjakan PR adalah tanggung jawab setiap pelajar. Waktu mengerjakan PR, berarti kamu melakukan tanggung jawab. Jika kamu terus mengerjakan PR yang diberikan, kamu lama-kelamaan akan menjadi orang yang bertanggung jawab. Ingat, suatu saat kelak kamu akan bekerja waktu dewasa nanti. Tanggung jawab saat bekerja jauh lebih besar, jadi mulailah dari hal-hal kecil seperi mengerjakan PR.

6. Review Pelajaran
Nah yang satu ini berguna sekali, khususnya untuk yang malas nih. Secara nggak langsung, ketika kita mengerjakan PR, otomatis PR akan mengingatkan kita kembali pada apa saja pelajaran yang sudah kamu terima selama kegiatan belajar mengajar. Ini membuat kamu akan terus mengingat pelajaran dalam jangka waktu yang panjang.

7. Membuat Mengerti
Kamu akan mengerti pelajaran waktu mengerjakan PR. Kamu akan terbiasa menggunakan rumus-rumus yang ada dan percaya atau nggak jawaban-jawaban yang kamu tulis waktu mengerjakan PR akan “nempel” di kepala kamu. Jadi mengerjakan PR sebenarnya hampir sama halnya dengan belajar di rumah.

8. Kebanggaan Diri Sendiri
Setelah berhasil menyelesaikan semua PR, kamu bisa bangga. Kalau di sekolah misalnya, teman-teman sekelas cuma bisa nyontek dan mengeluh, atau dihukum karena nggak mengerjakan, kamu bisa “busungin dada”, karena kamu lebih baik dari mereka. Hehehe.

9. Menyenangkan Tuhan
Mengerjakan PR adalah suatu hal baik yang menyenangkan Tuhan. Tuhan senang waktu kamu mengerjakan PR dengan baik dan menjadi teladan di kelas. Amin!

10. Memberi Kepuasan Diri Sendiri
Setelah selesai mengerjakan PR, kamu bisa puas atas hasil kerja kita. Itu berarti kita telah menyelesaikan tugas dengan baik. Horeeeee!
Nah, kawan, jangan malas untuk mengerjakan PR lagi ya!

0 komentar:

Copyright © 2012 Dito Rahmad Y W.