gaji orang kidal 10% lebih kecil

Hasil penelitian terbaru dari Universitas Harvard menunjukkan bahwa orang-orang yang terbiasa menggunakan tangan kiri atau kidal memiliki gaji 10% lebih kecil dari orang yang menggunakan tangan kanan.
Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa penyakit otak dan gangguan mental seperti schizophrenia, disleksia, hiperaktif, dan lain-lain, cenderung lebih banyak diderita oleh orang kidal dibanding orang bertangan kanan.
Menurut para ahli, saat ini ada sekitar 10% orang kidal di seluruh dunia. Lebih lanjut, para ahli juga menjelaskan bahwa hanya sekitar 25% faktor genetik yang menentukan kidal atau tidaknya seseorang. Sebagai contoh, dua orang anak kembar bisa saja memiliki kecenderungan penggunaan tangan yang berbeda, yang satu kidal sementara yang lain tidak.
Hal lain yang menyebabkan kidal adalah faktor lingkungan, misalnya tingkat stres maupun asupan gizi sang ibu pada waktu mengandung. Para ahli menuturkan bahwa ibu yang mengalami stres saat mengandung cenderung memiliki anak yang kidal. Selain itu, bayi yang lahir dengan berat di bawah rata-rata juga kemungkinan bisa menjadi kidal. 

0 komentar:

Copyright © 2012 Dito Rahmad Y W.